25 Jul 2010

Subaru Impreza

Subaru Impreza adalah mobil kompak berkarakter sport yang diproduksi oleh Subaru dari perusahaan Fuji Heavy Industries (FHI), Jepang. Impreza pertama kali diluncurkan di Jepang pada akhir tahun 1992, dan mulai masuk pasar export pada tahun 1993. Semua Impreza menggunakan mesin 4 silinder dengan konfigurasi Boxer. Pada umumnya Impreza berpenggerak 4WD Symmetrical All Wheel Drive, meskipun ada versi yang lebih murah dengan penggerak roda depan.

Subaru Impreza yang berkemampuan tinggi adalah WRX yang sangat popular di arena kejuaraan rally dunia / World Rally Championship (WRC). Dengan warna biru yang khas, Impreza untuk WRC dipersiapkan oleh Subaru Technica International (STI) bersama Prodrive dari Inggris. Secara resmi Subaru Impreza ikut WRC dari tahun 1993 sampai 2008.

Pasar yang besar untuk Subaru Impreza adalah Jepang, Inggris, Amerika Serikat, dan Australia.



Generasi pertama (1993-2001)
Subaru Impreza dibuat dalam bentuk Sedan, Coupe, dan SportWagon dengan mesin bensin 1500 cc, 1600 cc, 1800 cc, 2000 cc, dan 2500 cc normally aspirated, serta 2000 cc turbo tipe EJ20.

Untuk pasar domestik Jepang, Impreza ditawarkan dalam berbagai versi mulai dari FC, FS, dan FX dengan pilihan penggerak roda depan bermesin 1500 cc atau penggerak all wheel drive dengan mesin 1600 cc. Diatasnya adalah model HX dengan mesin 1800 cc, HX Limited 2000 cc, dan kemudian WRX dengan mesin turbo 2000 cc.

Pada tahun 1994, mulai diproduksi Impreza WRX STi yang memiliki tenaga mesin lebih besar dari WRX, dan juga tersedia WRX RA yang dijual kepada konsumen untuk dimodifikasi menjadi mobil rally. Model baru untuk tahun 1995 adalah Impreza Coupe 2 pintu yang di Jepang disebut Impreza Retna.

Berbasis Retna Coupe 2 pintu, Impreza WRX Type R diperkenalkan pada awal tahun 1997, dan Impreza Casablanca berbasis Sport Wagon dengan lampu depan bulat dan grille besar bergaya klasik hadir pada tahun 1998.

Di Inggris, Subaru Impreza WRX sangat popular dan selain WRX biasa juga tersedia versi STI dan beberapa limited edition seperti Terzo, P1, dan RB5. Impreza WRX yang paling hebat adalah 22B STI yang hadir dalam bentuk Coupe wide body dan mesin turbo 2200 cc.

Di Amerika Serikat Impreza mula-mula dipasarkan sebagai mobil kompak yang murah, dan model sport WRX generasi pertama tidak dipasarkan. Trim level untuk Amerika adalah Standard, L, dan LS. Mesin yang digunakan adalah 1800 cc dan 2200 cc. Sedangkan model sporty untuk negara ini adalah 2.5 RS dalam bentuk Coupe dan Sedan yang juga berpenggerak 4WD tetapi dengan mesin normally aspirated 2500 cc. Impreza Wagon bergaya SUV disebut Outback Sport.

Colin McRae menjadi juara dunia dalam 1995 World Rally Championship dengan mengendari Impreza WRX 555, dan Subaru menjadi juara dunia pabrikan untuk tahun 1995, 1996, dan 1997.

Impreza generasi pertama tidak dijual di Indonesia, tetapi versi WRX 555 ikut dalam Rally of Indonesia tahun 1995 dan 1996, serta model WRC yang berbasis 22B STi pada tahun 1997.




Generasi kedua (2001-2007)
Impreza hadir dengan lampu depan bulat besar bug eyes yang unik tetapi membuatnya aneh, sehingga untuk model facelift tahun 2003 mendapat lampu depan yang lebih konvensional crocodile eyes, serta facelift kedua tahun 2006 dengan lampu depan hawk eyes dan grille yang terlihat seperti pesawat terbang.

Untuk pasar domestik Jepang, model paling murah 1.5 i dengan mesin SOHC 1500 cc dan 1.5 R kelas menengah dengan mesin DOHC 1500 cc melengkapi jajaran Impreza yang terkenal dengan WRX dan WRX STi. Sebagai ikon mobil rally, Impreza WRX STi juga memiliki berbagai macam variant seperti WRX STi Spec C, WRX STi V-Limited, WRX STi WR-Limited, dan WRX STi Type RA-R.

Untuk pertama kalinya Impreza WRX secara resmi dipasarkan di Amerika mulai model tahun 2002 dengan mesin turbo 2000 cc, sedangkan WRX STi yang dijual mulai model tahun 2004 bermesin turbo EJ257 dengan kapasitas 2500 cc. Di luar Amerika, WRX STi tetap menggunakan mesin turbo EJ20 berkapasitas 2000 cc yang tenaganya lebih besar dari mesin sejenis pada WRX biasa. Selain WRX dan WRX STi, Impreza di Amerika juga tersedia dalam trim level RS yang kemudian menjadi 2.5 i, serta Outback Sport.

Australia merupakan pasar yang cukup besar untuk Subaru Impreza dimana dipasarkan tipe GX (model paling murah), RS (model sporty kelas menengah), RV (model Wagon yang setara dengan Outback Sport), serta WRX dan WRX STi. Pada akhir tahun 2005, versi facelift 2.0 i dan 2.0 R menggantikan model GX dan RS.

Seperti versi lainnya, Impreza WRX STI (sekarang ditulis dengan huruf "I" besar) juga mendapat facelift pada tahun 2005 untuk model tahun 2006. WRX STI hadir dengan spoiler di atas kaca belakang dan Driver Controlled Centre Differential (DCCD) yang telah disempurnakan. DCCD adalah alat yang dapat mendistribusikan torsi ke differential depan dan belakang sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan.

Untuk tahun 2006, Amerika mendapat dua variant tambahan WRX, yaitu WRX TR (Tuner Ready) yang lebih ringan dan khusus untuk dimodifikasi, dan WRX Limited yang mewah dan dilengkapi jok kulit, heater pada jok depan, dan sunroof. Sedangkan WRX STI Limited model tahun 2007 juga hadir dengan perlengkapan mewah dan spoiler belakang yang lebih kecil. Mulai model tahun 2006, semua Impreza di Amerika bermesin 2500 cc. Model 2.5 i bermesin EJ253 normally aspirated, dan WRX menggunakan mesin EJ255 turbo.

Di Indonesia, Impreza WRX bug eyes juga dijual secara resmi oleh General Motor, sedangkan versi facelift-nya dipasarkan oleh Motor Image dengan tipe 1.6 TS, 2.0 WRX, dan 2.5 WRX STi.

Seperti generasi sebelumnya, Impreza WRX sangat popular di Inggris, dan versi limited edition seperti WRX UK300, WRX GB270, WRX STI WR1, WRX STI RB320, dan WRX STI Spec D juga tersedia.



Generasi ketiga (2008–sekarang)
Impreza generasi ketiga benar-benar berbeda dengan pendahulunya. Dengan konsep Active Styling, Impreza Hatchback memberikan kepraktisan dengan ruang bagasi yang mudah diakses. Ukuran body yang kompak, mesin Boxer, dan SI-Chassis (Subaru Intelligent Chassis Design) yang ringan dan kokoh membuatnya stabil, lincah, aman, dan menyenangkan untuk dikendarai.


Impreza terbaru hadir dengan VDC (Vehicle Dynamics Control) yang dikontrol secara elektronik untuk memonitor gerak roda, posisi kemudi, dan gaya segala arah sehingga membuat mobil tetap stabil di segala kondisi jalan.

Model paling mahal, WRX STI hanya tersedia dalam bentuk Hatchback. Di Jepang, Impreza Hatchback hadir dalam variant 1.5i (L and S Package), 2.0i (L and S Package), 2.0 S-GT, dan 2.5 WRX STI. Impreza Sedan 4 pintu disebut Impreza Anesis yang tersedia dalam variant 1.5i dan 2.0i. Impreza Sedan memiliki opera window pada pilar-C dan bagasi yang lebih luas. WRX STI memiliki fender yang lebih lebar dari pada model WRX serta model lainnya.

Impreza WRX menggunakan transmisi 5 speed manual, dan WRX STI dengan 6 speed manual. Sedangkan model bermesin non-turbo 1500, 2000, dan 2000 cc ada yang menggunakan transmisi manual 5 speed atau automatic 4 speed. Untuk Impreza 1.5 R dan 2.0 R, transmisi manual-nya dilengkapi Dual Range, sedangkan semua model yang menggunakan automatic dilengkapi SPORTSHIFT. Impreza WRX STI memiliki Multi-Mode DCCD dan Subaru Intelligent-Drive (SI-Drive) dengan 3 mode yaitu "Intelligent", "Sport", dan "Sport Sharp".

Untuk pasar Australia, model WRX dan versi yang lebih murah seperti RX, RS, dan R hadir dalam bentuk Hatchback semi-Wagon dan Sedan. Impreza RS Sedan dan Hatchback hadir dengan lampu kabut, velg alloy, dan spoiler samping, tetapi tidak memiliki scoop pada kap mesin seperti pada WRX dan WRX STI.

Selain WRX dan WRX STI, Impreza dengan mesin turbo juga hadir dalam tipe baru yaitu S-GT dengan transmisi automatic yang dilengkapi paddle shift. Sedangkan WRX STI dengan SPORTSHIFT 5 speed semi-automatic yang diberi nama WRX STI A-Line hanya dijual di Jepang dan Singapore. Khusus untuk pasar domestik Jepang, Impreza WRX, dan WRX STI menggunakan mesin turbo 2000 cc, sedangkan untuk export bermesin turbo 2500 cc.

Khusus untuk pasar domestik Jepang, Impreza WRX STI spec C diluncurkan pada bulan Juli 2009 dalam jumlah yang terbatas 900 unit. Model ini memiliki perubahan pada mesin, suspensi, power steering agar lebih responsif dan stabil. Kap mesin aluminium membuatnya lebih ringan.

Di Amerika Serikat, Impreza ini merupakan model baru untuk model tahun 2008, dan hadir dalam trim level 2.5 i, 2.5 Outback Sport, 2.5 WRX, dan 2.5 WRX STI. Untuk model tahun 2009 ditambah 2.5 GT yang sama seperti WRX tahun 2008 tetapi dengan transmisi automatic. Sedangkan WRX mendapat mesin turbo yang lebih bertenaga.

Untuk Indonesia, Motor Image menjual Impreza Hatchback dengan model 1.5 R, 2.0 R, 2.0 S-GT, 2.5 WRX, dan 2.5 WRX STI.

Pada pameran mobil di Geneva tahun 2010, ditampilkan Impreza XV yang bergaya crossover dengan over fender dan roof rail. Konsepnya hampir sama dengan Outback Sport di Amerika.

Impreza facelift untuk model tahun 2011 diperkenalkan lebih awal pada pameran mobil 2010 New York International Auto Show. Impreza WRX Sedan dan Hatchback mendapat "wide body" dengan bumper depan baru yang lebih agresif. Model baru yang diluncurkan adalah Impreza WRX STI Sedan 4 pintu "wide body" yang memiliki spoiler belakang besar seperti model STI Sedan generasi pendahulunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bidvestiser

About

tuker link yuk

link sahabat

Pengikut