16 Jul 2010

Gain Power Through Clarity

The Business Coach: Gain Power Through Clarity
14:44 July 16, 2010
Dalam salah satu seminar yang saya adakan, seorang peserta datang mendekati saya setelah seminar usai.
Dengan sangat bersemangat dia menyapa saya dan berkata : “Pak Sugeng, saya sangat bergairah dan bersemangat setelah mengikuti seminar Bapak ini. Saya memiliki tabungan untuk modal usaha sekitar Rp. 400 juta,– Menurut Bapak bisa diapakan, dan bisnis apakah yang saat ini memiliki prospek yang bagus?”
Saya kembali bertanya kepadanya : “Apakah Bapak sudah mempunyai sebuah rencana?”
Ide dan peluang bisnis mudah dan banyak sekali kita temukan.
Ide dan peluang bisnis ada dimana-mana. Dari sejak kita membuka mata, melakukan kegiatan kita, sampai kembali tidur, kita selalu berhadapan, melihat, mendengar, merasakan, dan memakai hasil-hasil perwujudan ide-ide bisnis yang tentunya membuat orang lain jauh menjadi lebih kaya.
Kita gosok gigi dengan sikat dan pasta gigi, mandi dengan sabun, minum kopi bersama sarapan pagi kita, hal tersebut membuat orang lain, produsennya, bahkan distributornya menjadi jauh lebih kaya.
Akan tetapi, hal pertama yang harus disadari adalah, baik sebuah investasi maupun menjalankan sebuah bisnis adalah tentang pembuatan sebuah rencana perjalanan. Artinya kita sebagai calon pemilik bisnis, harus benar-benar jelas terlebih dahulu mengenai tujuan kemana bisnis kita akan berjalan dan bagaimana kondisi kita saat ini.
Kekuatan Sebuah Kejelasan (Gain Power Through Clarity) :
Di dalam satu workshop di Puncak - Cipanas, saya menanyakan kepada para peserta : “Menurut anda, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk perjalanan kita menuju kota Bandung?”
Salah seorang peserta menjawab “Kurang lebih tiga jam”.
Yang lain segera menimpali “Bisa lebih Pak.”
Peserta yang lain menambahkan “Tergantung mau pakai jalan darat atau udara.”
Dan jawaban menjadi semakin bervariasi dan beragam.
Semua jawaban tersebut menurut saya adalah benar.
Pertanyaan tambahan yang harus kita tanyakan terlebih dahulu agar dapat menjawab pertanyaan tersebut di atas dengan lebih akurat adalah “Dari mana kita akan memulai perjalanan kita?”
Semua rencana, strategi perjalanan, rute tempuh akan sangat bergantung pada “Starting Point” kita.
Apakah kita bisa memilih memakai lewat udara? Atau lewat darat?
Apakah kita harus lewat jalan tol? Atau jalan biasa?
Begitu pula di dalam memulai sebuah bisnis.
Mengetahui/ menetapkan dengan jelas Goal Anda, ke arah mana, seberapa besar revenue yang diinginkan, profit yang diinginkan, berapa lama, dimana lokasinya, dan apa tujuan-tujuan kita ke depan adalah sangat penting.
Akan tetapi, mengidentifikasikan “Starting Point” kita, adalah satu hal “PENTING” yang tidak boleh kita lupakan.
Pembuatan dan pelaksanaan semua rencana, strategi, jalan mana yang akan ditempuh, usaha seperti apa yang harus kita lakukan, keterampilan apa lagi yang harus kita pelajari, berapa lama waktu yang kita butuhkan, akan sangat bergantung pada dua buah titik ini : “Your Goals and Your Starting Point - Tujuan Anda dan Posisi Dimana Anda Sekarang Berada”!!!
“You can learn everything you need to achieve your Goals” (Brian Tracy)
Identifikasikan “Starting Point” Kita :
Mengetahui titik awal dimana kita berada, akan membuat kita jauh lebih efektif di dalam menyusun rencana dan langkah kita di dalam membangun bisnis dan menuju kesuksesan bisnis kita.
Karena dengan adanya rencana, kita akan lebih mampu melihat celah dan tantangan-tantangan apa saja yang mungkin harus kita hadapi dalam proses perjalanan bisnis kita.
Kejelasan inilah yang sangat penting harus kita miliki, karena akan membantu proses berpikir kita di dalam menentukan tindakan pencegahan dan bahkan tindakan pemecahan bila masalah atau tantangan tersebut akhirnya muncul dan harus kita hadapi.
Keefektifan akan menjadi salah satu faktor penting karena dalam hidup ini kita selalu berpacu dengan aset terbesar alam semesta yang tidak akan pernah dapat kita miliki, yaitu “WAKTU”.
“Waktu” tidak akan pernah dapat kita miliki, tidak akan pernah dapat kita simpan. Yang dapat kita lakukan adalah mengisi dan memanfaatkannya secara berbeda!
Kita dapat memanfaatkan beberapa pertanyaan dasar berikut ini untuk mulai menyadari dan menentukan titik awal dimana kita berada :
Siapa saja orang yang sudah mencapai sukses di bidang yang saya ingin kerjakan.
Kapan saya akan hubungi untuk belajar darinya?
Setelah belajar, simpulkan sumber daya apa saja yang saya perlukan untuk mencapai tujuan agar dapat mencapai seperti orang dalam jawaban No. 1 tersebut?
Dari jawaban No. 2, bagaimana status saya saat ini?
Apa yang sudah saya miliki?
Apa yang belum saya miliki?
Apa yang kurang saya miliki?
Ketrampilan apa saja yang harus saya miliki untuk mencapai apa yang saya inginkan tersebut?
Siapa yang akan saya hubungi untuk belajar?
Kapan saya akan belajar ?
Kebiasaan dan kualitas-kualitas apa saja yang harus saya miliki untuk mencapai apa yang saya inginkan tersebut di atas?
6. Kebiasaan apa yang harus saya hentikan dan buang untuk mencapai apa yang saya
inginkan?
7. Apa yang rela saya korbankan/ tinggalkan untuk mencapai apa yang saya inginkan?
(Apakah komunitas, teman yang membuat saya makin jauh dari tujuan hidup saya,
waktu, energi, biaya, dan lain sebagainya?)
8. Siapa saja yang dapat membantu saya?
9. Saya akan mencapai tujuan saya pada tanggal ………
Satu hal “PALING PENTiNG” yang harus “SELALU” kita ingat di dalam memulai sebuah bisnis adalah :
“Failure is not an OPTION - Kegagalan adalah bukan sebuah pilihan!!!” (Sugeng Santoso)
Ketika kita memutuskan memulai berbisnis, satu hal yang pasti dan harus selalu ada di dalam pikiran kita adalah pertanyaan “Bagaimana caranya agar peluang kesuksesan bisnis kita semakin meningkat dari waktu ke waktu?” Jangan membuka pilihan untuk kegagalan di dalam diri anda! Mulailah selalu berpikir ke depan untuk mencegah hal-hal yang dapat membuat bisnis anda gagal, dan mulailah belajar untuk mengobati atau memperbaiki bagian-bagian dari bisnis anda bila sewaktu-waktu mengalami gangguan.
Take additional training! Ikuti workshop, seminar, baca buku, bahkan ambil seorang pembimbing bisnis yang profesional sebagai mentor anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bidvestiser

About

tuker link yuk

link sahabat

Pengikut